Generasi Z Tanpa Disadari Akan Mengikuti dan Mengamati Perkembangan Industri Fintech

April 3, 2021 Bisnis  No comments

Generasi Z Tanpa Disadari Akan Mengikuti dan Mengamati Perkembangan Industri Fintech

Fintech merupakan hasil perpaduan antara finance dan teknologi. Dalam hal ini mengarah pada pihak perusahaan yang menyediakan jasa keuangan dengan memanfaatkan teknologi. Adanya Fintech menunjukkan adanya sistem pasar baru yang menawarkan kemudahan akses, kepraktisan, kenyamanan dan biaya yang lebih terjangkau.

Fintech sendiri muncul seiring kebutuhan masyarakat untuk lebih mudah mendapatkan layanan keuangan secara cepat dan aman. Selain itu hal ini didasari oleh layanan keuangan konvensional yang kurang mampu menjangkau seluruh masyarakat dengan aturan yang ketat.

Perkembangan Fintech sendiri sudah diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dengan segala kewenangan dan regulasi yang ada. Fintech sendiri pertama kali muncul dari Zopa pada tahun 2004. Jadi Zopa ini merupakan salah satu institusi keuangan yang ada di Inggris untuk melayani jasa keuangan.

Bahkan perkembangan Fintech sendiri sudah semakin beragam mulai dari startup pembayaran, peminjaman, perencanaan keuangan, investasi ritel, pembiayaan, remitansi, dan riset keuangan. Nah, pengguna Fintech sendiri terus mengalami peningkatan di tahun 2007 pengguna awal sekitar 7%, pada tahun 2021 sudah mencapai 72%. Bahkan di tahun 2021 ini perusahaan Fintech yang sudah mendapatkan izin OJK sudah lebih dari 150 perusahaan.

Prediksi Perkembangan Fintech Terbaru di Tahun 2021

Di tahun 2021 ini terobosan baru dan inovasi di industri Fintech terus mengalami perkembangan. Melihat hal ini potensi penggunaan layanan Fintech akan semakin banyak. Lantas apa saja inovasi terbaru tersebut? Berikut ulasannya

1. Penggunaan Robotic Process Automation

Robotic Process Automation (RPA) merupakan teknologi baru dengan memanfaatkan sistem agar semua tugas manusia bisa dilakukan secara otomatis. Nah, untuk mewujudkan itu teknologi ini sudah memadukan otomatisasi robotik yang memiliki kecerdasan buatan untuk menangani berbagai tugas secara berulang-ulang.

Nah, adanya Robotic Process Automation akan membuat pengeluaran perusahaan akan lebih hemat dan pekerjaan lebih cepat dan efisien. Bahkan banyak berita yang menyebutkan kalau di tahun 2021 ini akan banyak perusahaan yang menggunakan Robotic Process Automation.

Robotic Process Automation (RPA) ini memiliki kemampuan dalam melakukan proses pembukuan, proses klaim asuransi, dan mengelola audit request. Terbukti di tahun 2021 ini sudah ada perusahaan yang menerapkan teknologi RPA yaitu Bank DBS Singapura, Perusahaan Sumitomo Mitsui Jepang, dan Bank OCBC Singapura.

2. Penggunaan Artificial Intelligence

Perkembangan industri fintech ini membuat banyak perusahaan keuangan atau bank yang mulai menggunakan Artificial Intelligence. Jadi pada sebuah perusahaan Artificial Intelligence ini bisa membantu pada proses pemeriksaan rekening kas, kredit, investasi. Nah, dengan demikian Artificial Intelligence memudahkan untuk mengetahui kesehatan keuangan seseorang secara menyeluruh.

Menariknya lagi Artificial Intelligence memiliki kemampuan untuk membaca serangan siber, bisa identifikasi penipuan dan berbagai ancaman keuangan. Nah, dengan demikian teknologi AI ini bisa memangkas beban biaya operasional perusahaan.

3. Perkembangan digital only bank

Perkembangan Fintech selanjutnya adalah menjamurnya layanan digital only bank. Di Indonesia sendiri saat ini sudah banyak layanan digital only bank seperti Digibank, Jenius, bank Digital TMRW.

Layanan ini sekarang lagi tren karena menyediakan berbagai fasilitas perbankan secara online. Jadi anda tidak perlu antri untuk melakukan aktivitas perbankan, cukup menggunakan smartphone atau PC maka anda bisa melakukan pengelolaan uang. Demi memberikan keamanan sistem sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari dan otentikasi 2 faktor.

4. Sistem keamanan Cyber

Pastinya anda sudah sering mendengar ada kasus peretasan sehingga data bank di Indonesia mengalami kebocoran. Memang saat ini ancaman serangan cyber sangat membahayakan sehingga sistem keamanan cyber telah ditingkatkan. Sehingga layanan Fintech akan terus meningkatkan keamanan aplikasi dan web salah satunya dengan Biometric Security.

Itulah perkembangan tren fintech di tahun 2021, sehingga generasi Z harus paham. Dibutuhkan SDM yang berkualitas agar bisa mengikuti perkembangan zaman yang terus semakin maju dan pesat.

Lebih lengkapnya bisa mengunjungi https://jalantikus.com/finansial/!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>